10 Fitur Rahasia Smartphone Paling Penting Wajib Diketahui

Otovid.com - Berikut 10 Fitur Rahasia Smartphone Paling Penting yang Wajib kamu ketahui. Kecanggihan yang terdapat pada perangkat smartphone memang dapat mempermudah pengguna dalam melakukan aktivitas setiap hari. Terlebih lagi segala aktivitas yang berhubungan dengan perangkat ponsel cerdas tersebut.

Hal ini dikarenakan bahwa smartphone telah dibekali dengan berbagai fitur canggih. Selain itu fitur canggih tersebut biasanya juga menjadi kelebihan tersendiri untuk menarik minat para konsumen agar mau membeli. Namun ternyata masih banyak masyarakat yang belum mengetahui semua fitur secara lengkap yang terdapat pada smartphonenya sendiri.

Padahal penggunaan smartphone yang mereka lakukan tidaklah sebentar. Hal ini dikarenakan bahwa sebagian besar pengguna hanya memfungsikan smartphone sebagai alat komunikasi dan juga hiburan. Maka dari itu tidak salah jika sebagian besar masyarakat tidak dapat memaksimalkan fungsi dari smartphone-nya sendiri.

Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak sekali fitur tersembunyi yang terdapat pada smartphone kamu. Berbagai fitur tersebut ternyata memiliki peranan yang cukup penting pada hp Android yang kamu miliki. Mulai dari hanya sekedar mengubah tampilan, menghemat memori hingga mencegah dari tindakan pencurian sekalipun.


Nah, buat kamu yang merasa penasaran, maka simak saja informasi 10 Fitur Rahasia Smartphone Paling Penting dibawah ini.

1. Fitur Penghemat Baterai

Fitur rahasia smartphone paling penting yang pertama adalah penghematan baterai. Semua perangkat Android mempunyai fitur yang bernama “Battery Saver”, cara mengaksesnya pun cukup mudah yakni dengan masuk ke settings > pilih Battery > pilih Battery Saver.

Satu hal pasti bahwa fitur ini sangat efektif, so Kamu tak perlu menginstall aplikasi lain untuk menghemat baterai yang ujung-ujungnya tambah bikin boros. Aktifkan saja penghematan baterai yang sudah ada. Namun, sebelum mengaktifkan fitur ini pastikan untuk membaca apa sebenarnya Battery Saver itu.

2. Fitur Pembuka Kunci di Lokasi Terpercaya

Demi keamanan, setiap smartphone memang dilengkapi fitur Lock. Namun, ketika Kamu sedang terburu-buru dan masih harus memasukkan password untuk membuka smartphone mungkin akan sedikit mengesalkan ya! Dari pada kelamaan ada baiknya jika segera atur settingan smartphone Kamu agar bisa otomatis membuka kunci dilokasi yang terpercaya seperti di rumah, kantor dan sebagainya.

tetapi fitur rahasia smartphone ini hanya ada pada Android SO versi 5.0 keatas. Adapun cara mengaktifkannya yaitu pergi ke settings > menu security > masuk ke pilihan “Smart Lock” guna mengaktifkan “Trusted Place”, kemudian Kamu tinggal memilih lokasi yang diinginkan untuk membuka kunci smartphone secara otomatis.

3. Kode Rahasia Untuk Fitur Tersembunyi

Nah, yang satu ini bukan fitur biasa, tapi adalah kode yang harus di hafal untuk mengakses sesuatu di smartphone Android mu. Caranya bagaimana ya? Mudah kok, cukup masuk ke menu panggilan dan ketik kode-kode seperti tertera dibawah, kemudian call.

*##7780## guna me-reset smartphone ke pengaturan awal

##4636## guna menampilkan informasi penggunaan baterai, data serta statistiknya

##273283255663282##* guna mem-backup semua data di smartphone

##349671539## guna memberitahukan segala informasi mengenai kamera smartphone Kamu

##1472365## guna mengetes GPS pada smartphone

Itulah sebagian dari seluruh kode yang dapat Kamu gunakan untuk menampilkan informasi-informasi serta melakukan pengetesan pada smartphone. Kalo dipikir-pikir canggih sekali ya?

4. Fitur Mencari smartphone Hilang dengan Mudah

Banyak orang yang tidak mengetahui tentang fitur ini, sebenarnya fitur inilah yang akan memudahkan Kamu saat smartphone hilang. Bahkan ketika smartphone Kamu dalam keadaan silent pun tetap tetap bisa dibunyikan dari kejauhan.

Sebab semua smartphone yang sudah mempunyai aplikasi “Find My Phone” pasti akan bisa  dan jika belum memilikinya Kamu dapat mengakses dari browser pada komputer.

Lalu lakukan sign in dengan ID google, namun pastikan juga bahwa ID identik dengan yang Kamu gunakan untuk smartphone. Nah, setelah melakukan sign in Kamu akan mendapatkan akses guna mengontrol mode silent, vibrate atau ring disertai lokasi smartphone.

Selanjutnya setelah memilih mode bunyi, Kamu tinggal menelpon ke nomor smartphone tersebut dan pastinya smartphone telah ditemukan.

5. Notifikasi Ketika Data Sudah Mencapai Batas

Dapat dikatakan bahwa ini merupakan fitur rahasia smartphone paling penting yang akan menjadi favorit Kamu, mengapa alasannya? Pernah gak Kamu merasa kesal ketika data 4G atau 3G tiba-tiba saja habis gitu aja? Bingung kan? Nah, tak perlu khawatir sebab dengan hadirnya fitur ini Kamu bisa tau kapan kira-kira data koneksi internet sudah mendekati batas.

Menarik bukan? Ok, caranya silahkan masuk pada setting > pilih “Data Usage” di dalamnya Kamu bisa melihat grafik penggunaan paket data dan  juga akan ditampilkan batas paket data.

Selain itu, pada tampilan ini Kamu juga akan melihat pilihan untuk mengaktifkan notifikasi ketika penggunaan sudah hampir mendekati batas paket data yang tersedia.

6. Penghemat Memori

Bicara tentang memori, semakin tinggi spesifikasi smartphone tentu juga dibekali memori internal dengan kapasitas besar. Namun tetap ada kalanya memori akan penuh, dalam hal ini banyak orang menganggap solusinya adalah menggunakan memori eksternal, memang benar.

Selain itu, ternyata Kamu juga bisa melakukan penghematan memori tanpa menghapus data yang ada. Adapun caranya yakni dengan menggunakan LINE atau Telegram. Memang benar aplikasi ini memiliki fitur penyimpanan data (keep) yang bisa Kamu gunakan tanpa memakan kapasitas memori.

7. Developer Menu

Bagi Kamu yang gemar mengutak-atik smartphone, rasanya kurang jeli jika belum mengetahui fitur yang satu ini. Nah Kamu bisa menjadi seorang developer bagi hp Kamu sendiri bila mampu menemukan fitur ini, penasaran ya?

Cara mengaktifkannya cukup mudah kok yaitu dengan pergi ke menu “settings” > pilih “About The Phone” > klik sebanyak tujuh kali berturut-turut pada opsi “Model Number”.

8. Guest Mode

Jika anggota keluarga atau teman Kamu kepo ingin melihat ponsel Kamu coba gunakan fitur ini. Gesek kebawah bagian atas layar ponsel dan temukan ikon orang kecil (ada didalam lingkaran biru) klik, kemudian pilih tombol “Add Guest” nah fitur inilah yang membuat teman Kamu dapat melihat isi ponsel Kamu tapi tak bisa melihat hal-hal yang bersifat pribadi.

9. Emergency Info

Emergency Information atau informasi darurat telah menjadi bagian dari Android. Sebenarnya Fitur ini membuat siapapun yang menemukan hp Kamu dapat membaca informasi pemiliknya yaitu mulai dari nama, nomor telepon, hingga alamat. Pengguna dapat menemukan fitur tersebut dibagian Security dan Location atau melalui Settings > Users > Emergency Information.

10. Lock Screen Message

Kebanyakan orang menggunakan pin atau password untuk membuka lock screen pada smartphonenya. Namun, sebenarnya ada sebuah fitur yang bisa digunakan pada Android versi terbaru yakni menggunakan pesan khusus untuk membuka lock screen. Fitur ini juga bermanfaat untuk mengantisipasi saat ponsel Kamu hilang.

Cara mengaktifkannya masuk ke menu “Settings” lalu pilih “Lock Screen Signature” kemudian Masukkan nomor darurat yang bisa dihubungi atau alamat email kamu, siapa tau dengan cara ini bisa menggugah hati sang penemu smartphone bila pesan yang Kamu tulis berkesan.

Itulah tadi pembahasan singkat tentang 10 Fitur Rahasia Smartphone Paling Penting, Wajib Diketahui. Semoga informasi diatas bisa menjadi referensi buat kamu semuanya.
Smartphone Tips
Post a Comment
Top comments
Newest first
Table of Contents
Link copied successfully.