Cara Memperbaiki Sinyal Yang Hilang Pada Android


Belakangan banyak yang bertanya kepada saya mengenai sinyal pada androidnya yang hilang seketika. masalahnya pun berbeda-beda, ada yang kesalahan dalam memilih mode jaringan, apn, dan yang paling sulit di duga adalah iconnya yang memang tidak ada/tidak terbaca oleh system di SystemUI.

Dalam menembalikannyapun perlu waktu yang ekstra, karena harus mencari permasalahannya terlebih dahulu.

Baik, Sekarang akan kita bahas satu persatu.

Kesalahan Dalam Pengaturan Jaringan Seluler.

Masuk pada menu setting/selengkapnya/jaringan seluler/pilih jaringa/Pilih sim yang dipakai. Pada menu tersebut biasanya terdapat tiga menu, yakni diantaranya, mode jaringan, system jaringan, dan access point Names (APN).

Mode jaringan: Pastikan mode jaringa anda berada di Hybrid atau WCDMA. Mengapa, Logikanya, ketika pengaturan tersebu berada pada posisi EVDO saja atau GSM only, kekuatan sinya di luar itu tidak akan terbaca, sehingga dampaknya sinyal tidak akan muncul.

System Jaringan: pastikan berada pada posisi otomatis, itu akan mempermudah pencarian sinyal saat pergantian jaringan.

Access Point Names (APN): Berdasarkan pengalaman, ada pengguna android yang merubah APN dengan alasan ingin mempercepat koneksi internet, dan ketika ia berpindah tempat/daerah dia tidak menembalikannya lagi ke APN defaultnya.

Perlu diketahui, dalam merubah APN jika koneksi anda semakin cepat, belum ditempat/daerah lain, kalau istilah yang sering saya ucapkan sih “Beda Tempat, Beda Rasa“. Maka dari itu ketika anda merubah APN dan berpindah tempat/daerah jangan lupa untuk mengembalikan APN ke default, dikhawatirkan jaringannya malah semakin jelek, kalu makin bagus sih gakpapa..

Kesalahan dalam SystemUI

Hal ini pernah saya temui, saya juga belum tahu persis kenapa ini bisa terjadi,yang jelas waktu itu pengguna android telah mengganti sytemui yang dia inginkan, setelah beberapa hari digunakan semua proses berjalan normal, namun dihari ketiga tiba-tiba sinyal data pada android tersebut (yang tadi di ganti systemui nya) menghilang.

Waktu itu hal yang saya lakukan adalah mengganti icin-icon sinyal data yang berda di systemui/res/drawablehdpi. Jika anda bingung dengan cara itu, gampangnya ganti aja systemuinya degnan yang benar-benar work di adnroid anda.

Kedua hal diatas pernah saya alami, dan saya belum menemukan penyebab lainnya, jika ada penyebab lain selain kedua kasus di atas, silahkan di share di kolom komentar, agar di diskusikan bersama.

Terima Kasih

Semoga Bermanfaat.
Smartphone Tips
Post a Comment
Top comments
Newest first
Table of Contents
Link copied successfully.