Trik Mempercepat Koneksi Internet Android


Otovid.com - Bagi pengguna perangkat gadget, memiliki koneksi internet berkecepatan tinggi adalah sesuatu hal yang paling didambakan. Pasalnya kita dapat melakukan aktivitas dunia maya dengan sangat lancar. Maka dari itu kali ini kita akan mengulas sedikit informasi mengenai Trik Mempercepat Koneksi Internet Android Hingga 10 Kali Lipat, agar Anda dapat merasa nyaman saat menjelajah dunia maya.

Memang sejak kemunculan perangkat ponsel cerdas terutama Android, koneksi internet telah berubah menjadi salah satu kebutuhan yang utama bagi masyarakat. Pasalnya dengan koneksi internet kita sebagai pengguna gadget dapat mempermudah aktivitas sehari-hari, seperti halnya mencari informasi, melakukan transaksi, berkomunikasi dan bahkan mendapatkan hiburan.

Jadi apabila terdapat masalah pada koneksi internet yang kita gunakan seperti kecepatan internet menurun, tentu kita akan merasa sangat kesal dan galau. Dan untuk mengatasi masalah seperti ini kali ini kita akan mengulas informasi mengenai Trik Mempercepat Koneksi Internet Android Hingga 10 Kali Lipat. Nah, bagi Anda yang sering mengalami masalah internet lemot, sebaiknya Anda simak pembahasannya dibawah ini.

1. Memblokir Iklan

Pada saat kita mengunjungi sebuah situs web, iklan memang kerap kali menjadi pengganggu, karena terkadang dapat menutupi halaman yang kita ingin baca. Selain kerap mengganggu ternyata iklan menjadi salah satu faktor penyebab borosnya kuota data dan menghambat koneksi internet. Karena sekali muncul iklan dapat mengonsumsi 80% kuota yang dibutuhkan saat membuka situs.

Maka dari itu untuk melakukan Trik Mempercepat Koneksi Internet Android kita harus memblokir iklan. Memang iklan menjadi salah satu sumber pendapatan pemilik web tersebut, namun jika kita merasa terganggu tidak salah jika kita menghapus iklan tersebut.

Untuk memblokir iklan sebenarnya beberapa browser sudah dibekali dengan Adblock seperti Opera browser dan UC browser. Namun adblock tersebut hanya memblockir jenis iklan tertentu. Bila Anda ingin memblokir semua jenis iklan kami sarankan agar Anda menggunakan aplikasi Adway. Tetapi untuk menggunakannya Anda memerlukan akses root pada smartphone Anda.

2. Kompres Gambar

Untuk dapat melakukan Trik Mempercepat Koneksi Internet Android Hingga 10 Kali Lipat yang selanjutnya adalah dengan melakukan kompres gambar. Cara ini dapat dilakukan jika kita mengaktifkan fitur data saving yang terdapat pada browser Anda. Dengan menggunakan fitur tersebut, Anda tidak hanya akan mendapatkan koneksi internet cepat, tetapi juga dapat menghemat kuota Anda secara signifikan.

Jika pada browser Anda tidak memiliki fitur ini, Anda dapat memasangnya secara manual, yakni dengan memasang ekstensi. Seperti halnya browser Google Chrome yang harus memasang ekstensi Data Saver.

3. Hapus Cache

Sebagian besar aplikasi yang terinstall pada smartphone Android yang Anda miliki akan bekerja dengan optimal jika digunakan saat terhubung dengan koneksi internet. Seiring dengan dijalankannya berbagai aplikasi tersebut tentu akan menyimpan cache. Apabila hal ini dibiarkan tentunya akan memperberat kinerja dari smartphone Android Anda.

Bukan cuma performa saja. Dengan menumpuknya cache juga akan memperberat proses muatan data dan hal ini membuat koneksi internet Anda menjadi lelet. Untuk menstabilkannya kembali dan bahkan membuat semakin cepat, Anda harus membersihkan cache secara rutin.

Untuk membersihkannya Anda dapat menggunakan aplikasi ultilitas seperti One Tap Cache Cleaner atau Clean Master. Jika performa smartphone Anda sudah terlanjur menurun, maka Anda dapat membersihkannya dengan cara masuk pada menu Settings – Storage – Cache, lalu pilih Clear Cache.

4. Gunakan VPN

Terkadang pada saat kita melakukan perjalanan, di area tertentu jaringan internet sangat lemot, bahkan hanya untuk digunakan melakukan browsing saja sudah ngos-ngosan. Jika hal ini terjadi, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan VPN agar terhubung pada alamat IP di negara lain.

Dengan menggunakan fungsi VPN, Anda tidak hanya dapat membuka situs yang diblokir pemerintah, tetapi juga dapat mempercepat koneksi internet, asalkan IP yang Anda dapatkan dari VPN benar-benar tepat.

5. Atur User Agent

Terkadang ada saja pengguna smartphone Android yang ingin mencoba tampilan web di komputer dapat ditampilkan pada smartphone mereka. Padahal rata-rata website saat ini dibuat dengan responsif agar dapat menyesuaikan tampilan secara otomatis. Hal inilah yang sebenarnya dapat membuat koneksi internet menjadi sangat lemot.

Agar koneksi internet tetap cepat dan stabil, Anda dapat mengatur User Agent pada browser untuk menjadi mobile. Hal ini bertujuan agar data dikompres sesuai untuk tampilan mobile.

6. Pakai Aplikasi 3G/4G Speed Optimizer

Untuk melakukan Trik Mempercepat Koneksi Internet Android Hingga 10 Kali Lipat yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi 3G/4G Speed Optimizer.  Namun gunakanlah cara ini jika kelima cara diatas memang sudah tidak dapat membuat koneksi internet smartphone Anda menjadi sesuai yang Anda inginkan, karena untuk menggunakan aplikasi ini Anda membutuhkan akses root smartphone.

Perlu kita ketahui bahwa aplikasi ini bekerja dengan memberikan tweak khusus yang menjadikan penggunanya dapat dengan bebas mengatur dan memiliki kecepatan koneksi internet sesuai dengan kebutuhan.

Nah, cukup mudah bukan untuk melakukan Trik Mempercepat Koneksi Internet Android Hingga 10 Kali Lipat? Dengan melakukan beberapa trik diatas, dijamin kecepatan koneksi internet smartphone Android yang Anda gunakan akan meningkat secara signifikan. Apabila trik ini benar-benar bermanfaat untuk kamu, jangan lupa untuk share ya, Selamat mencoba.
Smartphone Tips
Post a Comment
Top comments
Newest first
Table of Contents
Link copied successfully.